Sabtu, 21 April 2012

Bermain Bersama Anak

Selamat pagi ibu-ibu rumah tangga..
Pagi ini anak-anak belum ada yang bangun, kesempatan buat nulis nih..
Hehe maklum saja bu, buat saya waktu pribadi itu benar-benar langka, si kecil yang sedang lincah-lincahnya menuntut saya untuk "berolah raga" setiap saat, maunya jalaaan terus keliling atau seputar rumah, benar-benar ga ada capenya, dan berhubung belum bisa dilepas mandiri maka jadilah saya bodyguard nya, ngikutin terus setiap langkahnya, cape deh.. (eh maksudnya alhamdulillah cape.. :)
Buat para ibu yang sedang punya jagoan umur setahunan pasti mengerti benar kondisi yang saya ilustrasikan tadi, perkembangan anak 1 tahunan memang sedang aktif mengeksplor kemampuan motoriknya, bergerak seakan menjadi sumber energi, bukan aktifitas yang menguras energinya.
Tapi bu.. dibalik rasa cape kita.. bukan sisi capenya yang harus kita tekankan, tapi ada sisi positif yang lebih baik kita ingat, bahwa aktifitas si kecil yang melelahkan adalah anugerah yang luar biasa yang harus kita syukuri, betapa Allah telah bermurah hati memberikan kesehatan dan kecerdasan pada buah hati kita (dan tentu saja kita juga harus bersyukur atas nikmat sehat yang Allah berikan pada kita hingga kita bisa terus mengimbangi aktifitas mereka).
Bayangkan saat kita harus melihat mereka terbaring sakit, demam, tidak berdaya, tidak beraktifitas, ah kalau saya lebih memilih bercape-cape ria mengejar meraka seharian.
Kembali pada aktifitas anak-anak, terkadang kita mati gaya saat harus mengembangkan kretifitas kita dalam menciptakan aneka permainan edukatif untuk anak, di posting-posting selanjutnya insyaAllah saya mau coba sharring artikel seputar permainan untuk si kecil berdasarkan tingkatan usia (yang tentunya saya sadur dari berbagai sumber :).
Tapi bu, terlepas dari apapun aktifitas bermain(sambil belajar) yang kita terapkan pada anak, yang terpenting adalah interaksi posif kita yang harus senantiasa dijaga, pastikan anak menyadari sepenuhnya kehadiran kita dan merasa senang dan menikmati kehadiran kita dalam setiap aktifitas mereka.
Pastikan kita selalu ada dan siap membantu mereka saat mereka membutuhkan bantuan kita, tapi jangan batasai kreatifitas mereka ya bu, selama masih dalam batas aman biarkan saja mereka mengeksplorasi diri dan lingkungannya.
Yang harus diingat juga bu, jangan lakukan eksplorasi berlebihan dan tidak sesuai dengan tingkatan usia mereka, hal itu hanya akan membuat mereka lelah, stres dan lekas bosan.
Dan satu lagi yang penting, fasilitasi mereka dengan peralatan yang mendukung aktifitas bermain, tidak perlu beli apalagi alat-alat mahal, cukup pinjami mereka peralatan rumah tangga "cocok" dengan kebutuhan bermain(seperti ember, botol-botol plastik, dll), tapi pastikan bahan dan bentuknya aman untuk mereka gunakan.
Sudah dulu ya bu, kakaknya sudah bangun, waktunya Bermain Bersama Anak nih.. =D.
Wassalam.

Salam kenal, ini kakak Yusuf, umur 4 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar